Apakah serat optik itu??

Fiber optic adalah terdiri dari optikal seperti kaca tipis setebal rambut manusia yang membawa informasi digital dalam jarak yang amat jauh. Juga digunakan dalam bidang medis-pencitraan, inspeksi teknik dan mekanik.

Fiber optik (serat optik), lapisan kaca tipis setebal diameter rambut manusia. Dalam kumpulan yang disebut kabel optik dan digunakan untuk mengirim sinyal jarak jauh

Jika kita amati dari dekat sebuah serat optik, kita akan melihat bagian berikut ini:
* Core - Kaca tipis,pusat dari serat dimana akan dilalui cahaya
* Cladding - Luar optik bahan sekitar inti yang merefleksikan cahaya kembali ke dalam inti
* Buffer lapisan - lapisan plastik yang melindungi serat dari kerusakan dan kelembaban

Ratusan atau ribuan serat optik ini dapat diatur di dalam kumpulan kabel optik. Kumpulan yang dilindungi oleh kabel dari luar meliputi, yang disebut jaket.

Serat optik datang dalam dua tipe:

* Single-mode serat
* Multi-mode serat

Serat single mode memiliki core kecil (sekitar 3,5 x 10-4 inci atau diameter 9 microns) dan mengirimkan cahaya laser inframerah (panjang gelombang = 1300-1550 nanometers). Multi-mode serat memiliki core lebih besar (sekitar 2,5 x 10-3 inci atau diameter 62,5 microns) dan mengirimkan cahaya inframerah (panjang gelombang = 850-1300 nm) dari lampu LED.

Beberapa serat optik dapat dibuat dari plastik. Serat ini mempunyai inti yang besar (0,04 inci atau 1 mm diameter) dan mengirimkan cahaya yang terlihat merah (panjang gelombang = 650 nm) dari LED

Comments :

0 comments to “Apakah serat optik itu??”

Posting Komentar